Thursday, January 1, 2015

Pengunaan Trim, Weld pada CorelDraw


Karna akhir-akhir ini saya sering bermain dengan CorelDraw, saya akan menuliskan tentang penggunaan Trim, Weld beserta kawan-kawannya. Fitur ini digunakan untuk memotong atau menggabung object dengan object lainnya. 

Berikut gambar penampakan tool dalam CorelDraw  yang dalam lingkaran merah:  



1. TRIM

Trim berfungsi untuk memotong object dengan object lain yang bersinggungan. Pada Trim object pertama yang diseleksi akan memotong objct kedua yang diseleksi. berikut pada contoh di bawah, kotak merah yang pertama kita klick akan memotong kotak kuning yang di klick atau seleksi terakhir, meski kotak kuning berada diatas kotak merah.


2. WELD
Weld berfungsi menggabungkan dua kotak menjadi sebuah object baru. Warna dari object baru hasil penggabungan dua kotak tersebut akan mengikuti object terakhir yang kita pilih. Seperti contoh dibawah; Jika yang kita klik lebih dulu kotak warna merah lalu kemudian kotak warna kuning maka hasil objectnya akan berwarna kuning. Begitupun sebaliknya.




3. INTERESCT
Interesct berfungsi untuk mendapatkan object baru hasil dari persinggungan dua object. Pada contoh dibawah menghasilkan kotak baru didaerah persinggungan kotak merah dan kotak kuning. Untuk lebih jelasnya saya warnakan hasil kotak barunya dengan warna hijau yang dirujuk oleh panah.




4. SIMPLIFY
Simplify hamper sama dengan trim. Bedanya simplify tidak terpengaruh oleh object mana yang kita seleksi lebih dulu, yang jadi patokan adalah object yang ada diatas akan memotong object bersinggungan dibawah nya. Pada conto dibawah, karna kotak merah berada di bawah kotak hijau maka yang terpotong adalah kotak merah.




5. FRONT MINUS BACK dan BACK MINUS FRONT
Fitur Front Minus Back memotong object yang paling atas oleh object yang ada dibawah dan object yang dibawah akan langsung raib ato hilang. Seperti contoh dibawah;




6. CREATE BOUNDARY

Fitur ini berfungsi untuk menghasilkan object baru dari hasil penggabungan 2 object yang diseleksi. Hasilnya seperti gambar di bawah yang di tunjukkan oleh panah. 



Selamat berkreasi dari penggunan tool atas, imajinasi adalah karya terindah, komeng-komeng ya kalaw ada adul eh pertanyaan..:)

0 komentar: